Rabu, 04 Juli 2012

Struktur Atom

Apa yang pertama terlintas dalam benak kalian ketika kalian mendengar kata kimia? Mungkin sebagian besar dari kalian berpikir bahwa kimia itu berkaitan dengan bom, zat-zat tidak layak konsumsi seperti borax, formalin dan sebagainya. Namun, apakah kalian tahu bahwa sejak kalian bangun tidur, melakukan berbagai kegiatan, hingga kembali ke tempat tidur kalian selalu berinteraksi dengan zat-zat kimia? Setiap saat kalian menghirup oksigen, memerlukan air, menggunakan perhiasan, menulis menggunakan pensil yang semua itu mengandung zat-zat kimia. Oleh karena itu, kita perlu mengenal ilmu kimia dengan lebih baik agar tidak ada persepsi yang buruk mengenai kimia. 

Kimia adalah ilmu yang mempelajari tentang komposisi, struktur, sifat-sifat materi, perubahan materi dan energi yang menyertainya. Ketika kalian menemukan suatu batuan, memegang pensil, menggunakan baterai, pernahkah kalian bertanya-tanya terbuat dari apakah benda-benda tersebut. Bangsa Yunani kuno percaya bahwa segala sesuatu tersusun atas empat unsur dasar yaitu air, tanah, udara dan api. 
Seorang ilmuwan Inggris, Robert Boyle mengemukakan bahwa setiap unsur tersusun atas partikel yang sederhana dan tidak tersusun atas unsur yang lain. Pernyataan inilah yang mendasari berkembangnya teori atom dari yang paling sederhana hingga teori atom yang masih digunakan hingga saat ini.


0 komentar: